Menu

Prinsip, Konsep dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Prinsip-Konsep-dan-Ruang-Lingkup-Manajemen-Keuangan

Prinsip Manajemen Keuangan

Ada beberapa prinsip manajemen keuangan yang mendasarinya, diantaranya:

1. Prinsip Konsistensi

Kebijakan dalam mengelola keuangan perusahaan atau organisasi sebaiknya dilakukan dengan konsisten dan tidak berubah-ubah. Jika terjadi penyesuaian harus tetap disertai alasan yang rigid dan jelas agar tidak membingungkan (id.wikipedia).

2. Prinsip Transparansi

Keterbukaan pihak manajemen untuk memberikan semua informasi mengenai kegiatan yang berkaitan dengan financial, agar meminimalisir manipulasi dan kesalahpahaman di masa depan.

3. Prinsip Akuntabilitas

Merupakan kewajiban moral dan hukum dalam menjelaskan mengenai penggunaan dana atau kewenangan yang telah diberikan. Masing-masing individu maupun perusahaan harus dapat menjelaskan secara rinci mengenai penggunaan dan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

4. Prinsip Pengelolaan

Keuangan harus dikelola dengan baik dan benar yang sesuai dengan karakter perusahaan.

5. Prinsip Integritas

Setiap individu wajib memiliki integritas yang tinggi dalam menjalankan operasional perusahaan. Dibuktikan dengan laporan keuangan tersaji lengkap dan akurat.

6. Prinsip Standar Akuntansi

Sistem akuntansi yang digunakan harus sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku secara umum.

7. Prinsip Kelangsungan Hidup

Suatu upaya untuk menjaga kesehatan keuangan perusahaan dengan menyesuaikan antara biaya operasional dengan dana yang tersedia.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Konsep dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

Dikutip dari situs maxmanroe manajemen financial memiliki 3 konsep, yaitu:

  • Perolehan Dana. Aktivitas yang bertujuan untuk memperoleh sumber dana (modal), baik yang berasal dari internal perusahaan atau dari eksternal perusahaan.
  • Penggunaan Dana. Kegiatan dalam menggunakan dan menginvestasikan dana yang ada ke dalam beberapa bentuk aset
  • Pengelolaan Aset (Aktiva). Kegiatan yang dilakukan ketika dana telah didapat dan telah diinvestasikan atau dialokasikan ke dalam bentuk aset (aktiva), yang harus dikelola secara efektif dan efisien.

Jadi, manajer keuangan memiliki 3 ruang lingkup khusus yaitu keputusan tentang pendanaan, investasi, dan pengelolaan aset.

Dengan memahami pengertian, fungsi, tujuan, konsep, prinsip, aspek dan ruang lingkup manajemen keuangan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu di bidang ilmu manajemen terkhusus cabang financing. Semoga artikel ini bermanfaat.

Prinsip, Konsep dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan