Menu

Sumber-Sumber Risiko Bisnis

Sumber-Sumber-Risiko-Bisnis

Sumber-Sumber Risiko

Setelah kamu memahami pengertian dan mengetahui jenis-jenis risiko, terdapat beberapa sumber risiko yang bisa diidentifikasi sebagai dasar penanganan risiko. Menurut Godfrey ada beberapa sumber risiko yang harus diperhatikan, Seperti:

Manusia (Human)

Risiko yang sumbernya dari manusia. Seperti risiko: tidak kompeten, kelalaian, kelelahan, kesalahan melakukan prosedur, budaya, dan lain-lain.

Perencanaan (Planning)

Risiko yang bersumber dari proses perencanaan bisnis. Contohnya seperti: persyaratan perizinan, dampak sosial dan ekonomi, opini publik, tata guna lahan (id.wikipedia).

Baca Juga: Pengertian Risiko Menurut Para Ahli

Politik (Political)

Risiko yang bersumber dari kebijakan politik. Seperti: perubahan ideologi, kebijaksanaan pemerintah, peraturan, pendapat publik, dan lain-lain.

Lingkungan (Environmental)

Risiko yang bersumber dari lingkungan sekitar. Seperti: opini publik, kebijakan internal perusahaan, perizinan, pencemaran, dampak lingkungan hidup, dan lain-lain.

Pemasaran (Marketing)

Risiko yang berasal dari proses pemasaran. Seperti risiko: permintaan, perkiraan, persaingan, tren, kepuasan pelanggan, dan lain-lain.

Ekonomi (Economic)

Risiko yang berasal dari kebijakan ekonomi. Seperti: perpajakan, kebijakan keuangan, suku bunga, kurs mata uang, inflasi.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Keuangan (financial)

Risiko yang berasal dari keuangan perusahaan atau organisasi. Seperti: keuntungan, asuransi, kebangkrutan.

Proyek (Project)

Risiko yang bersumber dari kegiatan proyek. Contohnya: rencana kerja, persyaratan unjuk kerja, standar, kepemimpinan, strategi pengadaan, dan lain-lain.

Teknis (Technic)

Risiko yang bersumber dari hal-hal teknis. Seperti: efisiensi operasional, keandalan, kelengkapan desain.

Kriminal (Criminal)

Risiko yang terjadi karena kriminal. Seperti: pencurian, penipuan, korupsi, perusakan.

Keselamatan (Safety)

Risiko yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Contohnya: kebanjiran, kebakaran, ledakan, zat berbahaya, tabrakan, dan keruntuhan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Manajemen Risiko

Alami (Natural)

Risiko yang berasal dari alam. Seperti: cuaca, gempa, kondisi tanah, temuan situs arkeologi.

Dari berabagai macam sumber-sumber risiko diatas dapat menjadi dasar untuk membuat manajemen risiko yang baik. Sebagai manajer yang kompeten menghadapi segala resiko adalah sesuatu keniscayaan, dengan memahami sumber-sumber risiko secara lengkap dapat membuat perusahaan siap menghadapi permalahan yang mungkin akan timbul. Semoga bermanfaat.

Sumber-Sumber Risiko Bisnis