Tugas dan Tanggung Jawab Business Consultant

Tugas dan Tanggung Jawab Business Consultant atau Konsultan Bisnis
Photo by The Coach Space from Pexels

Dalam dunia bisnis, tentunya kita pernah mendengar istilah konsultan bisnis atau business consultant. Konsultan bisnis sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional dan belakangan ini menjadi cukup populer. Namun, tahukah Anda apa itu konsultan bisnis dan siapa saja yang bisa menggeluti profesi ini?

Business consultant sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengidentifikasi dan memberi saran mengenai pengembangan bisnis. Tidak hanya itu, konsultan bisnis bisa menjadi kunci kesuksesan perusahaan dalam memenangkan persaingan pasar.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi terkait pengertian, tugas tanggung jawab, dan kelebihannya. Berikut ini pemaparan secara detail.

Apa Yang Dimaksud Dengan Business Consultant?

Istilah konsultan bisnis terdiri dari dua kata yang saling melengkapi. Ada konsultan yang artinya penasehat, dan bisnis yang artinya kegiatan usaha. Dengan demikian secara harfiah konsultan bisnis adalah bisnis yang dijalankan dengan memberikan nasehat, saran, atau solusi baik kepada perusahaan maupun individu.

Jika ditinjau dari makna tersebut, tentunya kita mengira pekerjaan seorang konsultan bisnis hanya memberikan nasehat kepada sebuah perusahaan saja. Seorang business consultant juga harus mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi kliennya.

Biasanya, sejumlah pengusaha lain yang ingin berkonsultasi dengan perencanaan dan pengembangan bisnis membutuhkan konsultan bisnis. Bisa disimpulkan bahwa Konsultan Bisnis adalah bisnis yang merangkul perusahaan lain.

Tugas Utama Business Consultant

Merujuk pada pengertian business consultant yang telah dijelaskan, salah satu tugasnya adalah memberikan saran dan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh suatu entitas bisnis. Namun tidak hanya sebatas itu, berikut ini beberapa tugas utama konsultan bisnis

1. Memberikan jasa konsultasi kepada organisasi atau instansi bisnis

Seorang konsultan bisnis harus dapat memberikan jasa konsultasi kepada klien. Namun, mereka perlu mempelajari tentang bisnis secara mendalam dan memeriksa detail masalah kliennya tersebut secara detail. Tujuannya agar tidak ada ketidakjelasan selama konsultasi.

2. Mengidentifikasi masalah yang dihadapi klien

Selain memberikan pertanyaan, seorang konsultan bisnis juga harus dapat mengidentifikasi masalah yang ada di suatu perusahaan. Baik di perusahaan yang sudah berkembang maupun di perusahaan yang baru mulai (startup). Mereka kemudian harus dapat menilai kekuatan dan kelemahan perusahaan kliennya.

3. Memberikan solusi atas masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Setelah mengidentifikasi permasalahan yang ada, selanjutnya seorang konsultan bisnis harus mampu menganalisis dan memberikan solusi yang tepat. Konsultan bisnis yang baik adalah seseorang yang mampu mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi yang spesifik.

4. Menyusun perencanaan bisnis (bisnis plan) berdasarkan peluang yang ada

Ternyata seorang business advisor juga wajib membuat business plan. Hal ini perlu dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan klien.

5. Aktif menjalin komunikasi yang baik dengan semua klien

Konsultan bisnis harus mampu berkomunikasi secara aktif terhadap para kliennya. Tujuannya agar dapat memberikan informasi dan solusi yang relevan dengan kemajuan bisnis.

Tanggung Jawab Konsultan Bisnis

Selain mengemban tugas yang sangat penting, konsultan bisnis juga memiliki tanggung jawab, yaitu sebagai berikut:

  • Mengelola dan menjalankan proyek bisnis yang ditugaskan atas nama klien, seperti perekrutan, penggajian, promosi, dan lain sebagainya. Sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Bertemu dengan para klien yang ditugaskan dan membuat penilaian awal dari masalah yang muncul.
  • Mengumpulkan semua informasi tentang perusahaan klien menggunakan berbagai metode (shading, wawancara, survei, membaca laporan, dan lain-lain).
  • Menganalisis dan menafsirkan data untuk mengeksplorasi kelemahan dan masalah, serta memahami penyebabnya.
  • Merumuskan rekomendasi serta solusi dengan mempertimbangkan kebutuhan, kapabilitas, dan keterbatasan klien.
  • Menyajikan kesimpulan dan saran kepada klien dengan saran praktis.
  • Mengembangkan rencana bisnis terperinci untuk mendorong perubahan kecil atau radikal.
  • Mendampingi klien dalam menerapkan rencana dari waktu ke waktu.
  • Memberikan panduan untuk masalah yang muncul.

Intinya, business consultant akan bertanggung jawab untuk mengembangkan bisnis klien. Sebab, tugas utama mereka adalah memberikan konsultasi, merumuskan strategi keuangan dan mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi perusahaan.

Dampak Adanya Jasa Konsultan Bisnis

Nyatanya dengan menggunakan jasa konsultan bisnis, perusahaan bisa menyelesaikan suatu masalah bisnis dengan lebih cepat dan efektif. Namun dibalik keunggulan yang sangat besar ini, ada hal lain yang juga perlu dipertimbangkan.

Jika perusahaan menggunakan jasa konsultan bisnis, maka dapat menimbulkan rasa ketergantungan. Ketergantungan akan membuat manajemen perusahaan tidak kreatif dalam mencari solusi atas permasalah yang muncul. Hal yang tentunya akan bermasalah, karena perusahaan tidak dapat menganalisis kinerjanya secara independen dan tidak dapat membuat keputusan secara tepat.

Sebuah perusahaan disarankan menggunakan jasa business consultant, hanya jika ada kondisi yang mendesak saja. Misalnya, ada masalah yang cukup mendesak dan membutuhkan pendapat dari pihak luar untuk menyelesaikannya. Atau untuk memecahkan masalah yang hanya terjadi sekali atau yang sangat jarang terjadi.

Manfaat Menggunakan Jasa Bisnis Konsultan Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan saat memilih menjadi konsultan bisnis, berikut ini adalah manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan jika menggunakan jasa business consultant:

1. Menghindari kerugian dari segi finansial

Dengan menyewa jasa konsultan bisnis, perusahaan akan mampu menghindari kerugian finansial. Karena konsultan bisnis akan menjamin kelangsungan bisnis di masa depan. Hal ini terlihat dari konsistensi para konsultan bisnis yang menjaga komunikasi yang baik untuk memberikan informasi yang relevan tentang kemajuan bisnis klien.

2. Perusahaan punya banyak strategi dan trik jitu

Seorang business consultant juga pasti punya banyak trik untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi pada bisnis. Konsultan bisnis cenderung memanfaatkan semua peluang yang ada, termasuk peluang terkecil.

3. Pemecahan masalah

Bisnis konsultan telah membuat beberapa pengamatan mendalam tentang masukan dan keluaran perusahaan. Sehingga mereka mampu mengidentifikasi permasalahan yang mungkin timbul suatu saat dan telah menyiapkan berbagai strategi dan solusi alternatif untuk mengantisipasi dan mengatasinya.

4. Meningkatkan keuntungan perusahaan

Seorang konsultan bisnis sangat siap dan koansisten dalam membimbing klien mereka untuk mencapai tujuan perusahaan. Mereka memiliki andil yang cukup besar dalam segala bentuk pertumbuhan yang terjadi di perusahaan. Maka tidak heran jika laba perusahaan dapat meningkat seiring dengan tingkat pertumbuhan yang signifikan bagi perusahaan.

5. Jaringan besar

Pemilik bisnis sering mengabaikan keuntungan ini. Bahkan jika digunakan dengan benar, hal itu dapat mempercepat pencapaian tujuan yang dimaksudkan.

Dalam melaksanakan perencanaan bisnis yang diberikan oleh konsultan bisnis kepada perusahaan, seringkali membutuhkan sumber daya yang belum perusahaan miliki. Sebab, konsultan bisnis yang telah mengelola begitu banyak klien terkadang bisa mempertemukan klien jika bisa membentuk kolaborasi yang saling menguntungkan.

Kesimpulan

Dari pembahasan ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa jasa konsultan bisnis menjadi sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang mengalami permasalahan. Dengan menggunakan jasa tersebut maka perusahaan dapat tumbuh lebih cepat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *