Tugas Utama Manajemen Produksi

Tugas-Utama-Manajemen-Produksi

Tugas Manajemen Produksi

Setelah kamu mengetahui definisi manajemen produksi (Baca: Pengertian Manajemen Produksi Menurut Para Ahli), tentunya juga harus memahami tugas manajemen produksi. Adapun tugas-tugas tersebut sebagai berikut:

1. Merancang Sistem Produksi

Tugas ini melibatkan berbagai pengambilan keputusan yang berkaitan dengan persyaratan dan tingkat produksi yang diinginkan dan suatu sistem produksi. Keputusan tersebut kemudian akan menentukan jumlah fasilitas produksi yang diperlukan, di mana lokasinya, metode seperti apa yang akan digunakan serta prosedur pengawasan manajemen.

2. Mengoperasikan Sistem Produksi

Mengoperasikan suatu sistem produksi untuk memenuhi persyaratan dan standar produksi yang telah ditentukan. Hal ini mencakup penjadwalan, mengelola persediaan, pengawasan produksi dan pengawasan kualitas.

Perbedaan Manajemen Produksi dan Manajemen Operasional

Jika dilihat dari fungsi dan tujuan (Baca: Fungsi dan Tujuan Manajemen Produksi) manajemen produksi dan operasional sedikit mirip. Tapi, keduanya jelas berbeda. Walaupun berbeda, keduanya saling berkaitan. Adapun perbedaannya bisa kamu lihat pada tabel dibawah ini:

Dari table diatas, sudah dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua manajemen ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Naaah, inilah tugas manajemen produksi dan perbedaannya dengan manajemen operasional. Dengan memahami secara lengkap dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu dibidang manajemen. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *