Tujuan dan Ciri-Ciri Organisasi

Tujuan-dan-Ciri-Ciri-Organisasi

Tujuan Organisasi

Ciri-ciri & Tujuan Organisasi ~ Setelah pengertian organisasi (Baca: Pengertian Organisasi) dibahas di artikel sebelumnya, ada beberapa tujuan organisasi juga harus kamu pahami secara lengkap. Tujuan organisasi sangat mempengaruhi dalam mengembangkan organisasi baik dalam pencapaian tujuan organisasi dan perekrutan anggota. Adapun tujuan-tujuan organisasi sebagai berikut :

  • Mengatasi keterbatasan sumber daya, kemampuan, dan kemandirian dalam mencapai tujuan.
  • Sebagai jalan untuk mendapatkan kekuasaan dan pengawasan.
  • Sebagai cara mendapatkan jabatan dan pembagian kerja.
  • Sebagai media mencapai tujuan dengan efektif dan efisien karena melakukan secara bersama-sama.
  • Sebagai wadah mengelola dalam lingkungan bersama-sama.
  • Sebagai tempat mendapatkan penghargaan.
  • Media mencari keuntungan bersama-sama.
  • Sebagai tempat menambah pergaulan dan memanfaatkan waktu luang.

Baca JugaStruktur Organisasi Manajemen

Ciri-Ciri Organisasi

Berdasarkan tujuan organisasi diatas dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri organisasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Kumpulan manusia

Organisasi memiliki anggota sedikitnya dua orang atau lebih yang dapat berperilaku dalam organisasi untuk mencapai tujuan dengan sadar sesuai dengan tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

2. Tujuan Bersama

Ciri utama dalam organisasi adalah memiliki tujuan bersama. Tetapi, tidak setiap anggota memiliki tujuan pribadi yang sama dengan para anggota lainnya, walaupun mereka telah berkumpul dan bersatu.

3. Kerjasama

Ciri lain organisasi adalah kerjasama. Tentunya tidak pantas jika pada suatu sekumpulan manusia yang mempunyai tujuan yang sama tidak dapat bekerja sama, hal ini akan membawa masalah jika tidak adanya kerjasama dalam suatu organisasi maka organisasi tersebut akan hancur.

Baca Juga: Hambatan-Hambatan Komunikasi Pada Organisasi

4. Aturan-Aturan

Dengan ditetapkan dan adanya aturan sebagai bentuk ciri dari organisasi formal yang memiliki tujuan dalam mengatur setiap anggota agar dapat bersinergi secara efektif, efisien dan memiliki tanggung jawab dalam berorganisasi. Aturan ini seringkali dinamakan sebagai konstitusi atau anggaran dasar.

5. Pembagian Tugas

Pada organisasi formal memiliki pembagian tugas yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas dari anggotanya. Hal ini dibentuk untuk mencapai tujuan organisasi dan untuk mempermudah pencapaian tujuan para anggota organisasi. Selain itu dengan adanya pembagian tugas akan membentuk loyalitas dan profesionalitas oleh setiap anggota organisasi.

Dengan mengetahui tujuan dan ciri-ciri organisasi dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu di bidang manajemen organisasi. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *