Menu

Tujuan dan Faktor-Faktor Pembangunan Ekonomi

Tujuan-dan-Faktor-Faktor-Pembangunan-Ekonomi

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Setelah memahami definisi pembangunan ekonomi (Baca: Pengertian Pembangunan Ekonomi), selanjutnya adalah membahas beberapa tujuan untuk mencapai kesejahteraan dalam pembangunan ekonomi suatu negara, yaitu diantaranya adalah:

  • Untuk meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat dengan pemerataan pendapatan.
  • Memperbaiki dan meningkatkan standar mutu pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Baca: Manajemen SDM).
  • Meningkatkan literasi masyarakat terhadap budaya nilai-nilai luhur termasuk agama, sosial dan budaya agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lain yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku dalam suatu negara.
  • Meningkatkan peluang kesempatan kerja dengan menambah bidang-bidang kerja atau industri baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.
  • Menghindari atau mengendalikan inflasi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi

Ada 2 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, diantaranya:

1. Faktor Ekonomi

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berdasarkan faktor ekonomi adalah sumber daya manusia, sumber daya alam, keahlian dan entrepreneurship (kewirausahaan).

  • Sumber daya manusia (SDM atau Human Resources) sangat menentukan tingkat keberhasilan pembangunan nasional melalui kualitas dan kuantitas produk.
  • Sumber daya alam (SDA atau Nature Resources) meliputi kesuburan tanah, keadaan cuaca dan iklim, hasil tambang dan hasil laut yang berhubungan dengan penyediaan bahan baku produksi dan sangat mempengaruhi pertumbuhan industri suatu negara.
  • Entrepreneurship (kewirausahaan) dan keahlian sangat diperlukan untuk mengelola bahan mentah hasil alam hingga menjadi sesuatu produk yang bernilai tinggi.

Baca Juga: Komponen dan Indikator Pembangunan Ekonomi

2. Faktor Non-ekonomi

Faktor non-ekonomi diantaranya adalah kondisi politik, sosial budaya masyarakat suatu negara, dan sistem dan norma yang berkembang dan berlaku di masyarakat.

Hambatan-Hambatan dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi dalam praktiknya akan dihadapi dengan hambatan-hambatan pada prosesnya. Ini merupakan fenomena yang wajar yang bisa timbul kapan saja baik dari internal maupun eksternal. Adapun hambatan-hambatan tersebut, antara lain:

  • Pendapatan tidak terdistribusi merata.
  • Tingginya tingkat pengangguran karena tingginya angka kelahiran.
  • Dualisme ekonomi. Kesenjangan industri yang hanya berorientasi pada perkotaan saja.
  • Masih adanya kebudayaan yang tidak bersifat ekonomis seperti adat yang tidak mendukung penggunaan SDM secara penuh untuk meningkatkan taraf hidupnya seperti adanya status sosial penduduk, kebiasaan yang turun temurun dan hambatan filosofis.

Dengan memahami tujuan, faktor-faktor, dan hambatan pembangunan ekonomi dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Tujuan dan Faktor-Faktor Pembangunan Ekonomi