Tujuan dan Konsep Marketing Mix

Tujuan-dan-Konsep-Marketing-Mix

Tujuan dan Kegiatan Marketing Mix

Setelah kamu mengetahui definisi marketing mix (Baca: Pengertian Marketing Mix), selanjutnya adalah membahas apa saja tujuan dari marketing mix. Ada beberapa tujuan marketing mix yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Advertising (Periklanan)

Periklanan adalah kegiatan yang sangat penting dalam marketing mix. Tujuan dari kegiatan periklanan adalah untuk memberikan informasi tentang produk barang atau jasa kepada target pasar atau konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Pengertian Iklan

2. Sales Promotion (Promosi Penjualan)

Sales promotion adalah sekumpulan instrument intensif yang dirancang untuk mendorong pembelian suatu barang atau jasa. Kegiatan inti promosi penjualan sebagian besar berjangka pendek dan tidak dilakukan secara berulang. Promosi penjualan bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Biasanya dilakukan dengan cara pemberian diskon, pemberian kupon, sampel produk atau pengadaan kontes.

3. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Pemasaran langsung adalah sistem marketing interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan tanggapan dan transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. Tujuan pemasaran langsung adalah untuk mengkomunikasikan produk barang atau jasa secara langsung kepada pelanggan yang dianggap target pasar potensial.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran

Konsep 4P Marketing Mix

Jika kita membahas pemasaran secara mendalam, kita harus mengenal konsep umum yaitu konsep pemasaran 4P. Pemasaran 4P adalah konsep marketing yang berfokus pada 4 hal yaitu product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Keempat variabel tersebut menjadi pertimbangan utama dalam menyusun strategi pemasaran perusahaan.

Saat ini konsep 4P telah berevolusi menjadi konsep pemasaran 7P yakni process (proses), people (orang) dan physical evidence (bukti fisik). Untuk mengetahui lebih dalam berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Product (Produk)

Produk adalah barang atau jasa yang dijual dalam bisnis yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen atau masyarakat. Di dalam sebuah produk barang atau jasa harus dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen.

Baca Juga: Manajemen Produksi

2. Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang ditawarkan atau dijual. Salah satu aspek terpenting suatu produk adalah harga karena umumnya konsumen menjadikan harga sebagai pertimbangan utama sebelum membeli.

3. Place (Tempat)

Tempat usaha adalah lokasi dimana aktivitas jual beli terjadi. Bagi usaha konvensional seperti toko pakaian, apotek, dan lain-lain, tempat merupakan aspek terpenting. Anda harus memperhatikan apakah lokasi tersebut cukup strategis dan mudah akses atau dikunjungi oleh konsumen.

Baca Juga: Manajemen Operasional

4. Promotion (Promosi)

Promosi adalah kegiatan bisnis yang bertujuan agar konsumen bisa mengenal dan tertarik terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam kegiatan ini, Anda harus mampu mempengaruhi dan mengubah persepsi konsumen menjadi positif mengenai bisnis kita. (Baca: Pengertian Promosi)

5. Process (Proses)

Dalam bisnis, proses dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah atau tahap yang dilakukan antara penjual dan konsumen. Proses tersebut meliputi pelayanan serta proses transaksi. Berikan pengalaman pelayanan yang memuaskan bagi konsumen lewat berbagai teknik agar pelanggan merasa puas.

6. People (Orang)

Tidak hanya konsumen tetapi semua SDM yang terlibat termasuk pekerja atau tim bisnis. Memberikan perhatian yang baik pada orang yang terlibat dalam bisnis, merupakan langkah awal yang sangat baik.

Baca Juga: Manajemen Keuangan

7. Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence adalah semua yang berbentuk peralatan atau perangkat yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis perusahaan. Terutama pada bisnis skala besar, yang membutuhkan banyak peralatan dan semakin kompleksnya fungsi serta penggunaannya.

Dengan memahami tujuan, kegiatan dan konsep 4P marketing mix dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *