Menu

Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar

Tujuan-dan-Manfaat-Segmentasi-Pasar

Tujuan Segmentasi Pasar

Berikut ini beberapa tujuan segmentasi pasar:

1. Memudahkan Dalam Mengelompokan Pasar

Setiap perusahaan untuk menghindari kesulitan dalam proses pemasaran produk maka perusahaan harus mensegmentasikan pasar, tujuannya untuk memudahkan dalam membedakan pasar. Dengan segmentasi pasar yang tepat perusahaan akan lebih mudah memahami kebutuhan dan minat konsumen.

2. Meningkatkan Pelayanan Konsumen Menjadi Lebih Baik

Ada beberapa hal penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu. Pelayanan yang baik adalah yang harus perusahaan berikan. Dengan segmentasi pasar maka perusahaan menjadi lebih mudah memberikan pelayanan sesuai dengan segmentasinya.

Baca Juga: Pengertian Segmentasi Pasar 

3. Membuat Strategi Pemasaran Lebih Terarah

Penerapan strategi pemasaran pada pasar homogen lebih mudah dibandingkan dengan pasar heterogen. Dengan segmentasi pasar, strategi pemasaran akan lebih terarah, termasuk menyusun bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.

4. Mengenal Kompetitor dengan Segmen Pasar yang Sama

Perusahaan dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas apa yang dilakukan oleh kompetitor. Jadi, perusahaan dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran kompetitor tersebut sehingga dapat dominasi pasar.

5. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

Memudahkan perusahaan dalam melakukan evaluasi atas kegiatan pemasaran yang telah dilakukan. Perusahaan akan mengetahui apakah strategi pemasaran telah sesuai dengan karakteristik pasar sehingga dapat menjadi acuan untuk membuat perencanaan bisnis selanjutnya.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Manfaat Segmentasi Pasar

Ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

  • Perusahaan dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada dengan efektif dan efisien.
  • Perusahaan menerapkan strategi pemasaran yang lebih terarah.
  • Perusahaan mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
  • Perusahaan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
  • Perusahaan akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.
  • Perusahaan akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.

Baca Juga: Manajemen Operasional

Dasar Segmentasi Pasar

Ada beberapa dasar segmentasi pasar, diantaranya sebagai berikut:

  • Demografis. Dasar pengelompokan pasar berdasarkan demografis yang meliputi jenis usia, kelamin, penghasilan, pekerjaan, agama, pendidikan, ras, dan lain-lain.
  • Geografis. Dasar pengelompokan pasar berdasarkan aspek geografis yang meliputi lokasi atau daerah, wilayah, kepadatan penduduk, iklim, dan lainnya.
  • Psikografis. Dasar pengelompokan pasar berdasarkan ciri-ciri kepribadian, yang meliputi kepribadian, gaya hidup, dan kelas sosial.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix

Syarat Segmentasi Pasar

Berikut ini adalah beberapa syarat segmentasi pasar yang paling efektif:

  • Measurable (Dapat Diukur). Di dalam segmentasi pasar, pengelompokan harus terukur, baik dalam besarnya, luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
  • Substantial (Cukup Besar). Pengelompokan pasar harus cukup besar sehingga dapat menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.
  • Accessible (Dapat Dijangkau). Strategi pemasaran yang dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani segmen pasar dengan baik.
  • Actionable (Dapat Dilaksanakan). Segmentasi pasar harus dapat dilayani atau dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Differentiable (Dapat Dibedakan). Segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat dibedakan dengan jelas.

Dengan mengetahui tujuan, manfaat, syarat, dan dasar segmentasi pasar dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar