Tujuan dan Sasaran Manajemen

Tujuan dan Sasaran Manajemen

Manajemen yang merupakan suatu usaha merencanakan, menggerakan, mengorganisasikan, mengawasi, serta mengkoordinasikan kegiata suatu organisasi atau perusahaan agar tujuan dapat tercapai secara efektif dan efisien (Sukamto Reksohadiprodjo. M.COM). Menurut John D. Millet manajemen adalah proses penyediaan fasilitas-fasilitas penunjang kerja dan pembimbingan terhadap orang-orang yang terlibat dan tergabung dalam organisasi resmi untuk mencapai suatu tujuan.

Dengan pengertian manajemen yang bersifat umum tersebut, dapat ditarik benang merah bahwa manajemen dapat ditetapkan dalam berbagai bidang dalam kehidupan manusia, baik dalam bidang bisnis, perbankan, pendidikan, rumah sakit, perkantoran, perhotelan bahkan pada kehidupan berkeluarga (rumah tangga).

Sebagai proses pencapaian tujuan suatu organisasi melalui kegiatan orang lain. Tujuan tersebut adalah sasaran manajemen yang harus dicapai secara efektif dan efisien. Agar tujuan tersebut tercapai maka kegiatan manajemen harus dapat menyatukan pikiran, perasaan, kemauan, tenaga, bahan, uang, mesin dan segala fasilitas yang dibutuhkan, dengan harapan bisa benar-benar tercapai dengan efektif dan efisien. Dikutip dari ilmu-ekonomi-id.com ada beberapa tujuan dan sasaran manajemen yang akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini.

Tujuan Manajemen

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan manajemen adalah hal yang sangat vital. Adapun tujuan diberlakukannya proses manajemen didalam organisasi, antara lain sebagai berikut:

  • Menjalankan dan mengevaluasi strategi yang direncanakan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien.
  • Mengevaluasi kinerja, meninjau, dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan atau hambatan didalam pelaksanaan strategi.
  • Memperbaharui strategi yang telah dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Meninjau kembali kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) yang ada.
  • Berinovasi atas kegiatan sehingga dapat meningkatkan efektivitasan kinerja para anggota yang akan berdampak positif pada tercapainya tujuan dan sasaran perusahaan/organisasi.

Baca Juga:

Sasaran Manajemen

Sasaran adalah rincian singkat dan tegas tentang apa yang ingin dicapai. Jadi sasaran manajemen adalah suatu perincian yang jelas dalam kegiatan manajemen untuk mendapatkan suatu metode, cara, teknik yang sebaiknya dilakukan agar dengan sumber daya yang terbatas dapat diperoleh hasil secara maksimal. Yang istilah ini dalam ilmu ekonomi dikenal dengan prinsip ekonomi, yaitu: dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang besar.

Secara garis besar sasaran manajemen adalah suatu cara untuk mendapat hasil yang efisien dalam bidang:

  • Tenaga & pikiran.
  • Biaya & material yang dibutuhkan.
  • Waktu yang cepat, tepat, dan hemat.

Sasaran manajemen berkaitan erat dengan efektif dan efisien. Jadi, segala sesuatunya dilakukan denga bedaya guna dan tepat guna.

  • Efektif adalah suatu kemampuan atau usaha untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan rencana.
  • Efisien adalah perbandingan yang terbaik antara suatu hasil dengan usahanya atau perbandingan antara pemasukan deengan pengeluaran.
  • Tepat berarti menunjukan kena sasara, atau sesuai dengan apa yang dikehendaki tercapai.
  • Hemat yang berarti dengan biaya rendah memperoleh hasil yang maksimal, tanpa ada pemborosan biaya, tenaga, waktu, bahan, dan pemikiran.
  • Cepat berarti menunjukan waktu yang tidak banyak terbuang.
  • Selamat berarti menunjukan kelancaran proses tanpa ada hampatan.

Dalam hal ini perlu diperhatikan bahwa sesuatu yang efektif belum tentu efisien, karena menitik-beratkan pada hal-hal yang berbeda.

Efektif

Pada tujuan yang ingin dicapai sesuai rencana, kurang memperhatikan biaya atau usaha yang akan digunakan. Dengan biaya berapa saja asal tujuan tercapai, hal ini memungkinkan terjadinya pemborosan atau penghamburan yang tidak diperlukan.

Efesien

Pada segi biaya atau usaha yang digunakan, tidak memperhatikan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan rencana. Kapanpun tujuan itu akan tercapai tidak menjadi perhatian utama, asal biaya dapat dihemat seminimal mungkin.

Naah dapat kita simpulkan bahwa tujuan dan sasaran manajemen bisa dicapai secara efektif dan efisien jika manajemen dapat melaksanakan prinsip-prinsip manajemen dengan baik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang manajemen lebih mendalam.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *