Unsur-Unsur Manajemen

Unsur-Unsur Manajemen
image by pexels.com

Jika ditelusuri lebih mendalam definisi manajemen yang telah dibahas sebelumnya pada artikel 45 Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, dapat kita lihat bahwa unsur-unsur manajemen hanyalah sumber daya manusia saja. Tapi tidak demikian, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan pada manajer yang memaksimalkan alat-alat manajemen. Alat-alat manajemen tersebut adalah unsur manajemen itu sendiri.

Unsur-unsur manajemen dikenal dengan sebutan “The Six M” atau “6M“, yang terdiri dari:

1. Manusia (Man)

Unsur yang paling utama dalam kesuksesan sebuah manajemen adalah manusia. Manusia diperlukan dalam manajemen untuk menjalankan setiap aktivitas dalam mencapai tujuan, misalnya dalam kegiatan pelaksanaan, perencanaan, pengawasan, pengorganisasian. Tanpa manusia proses manajemen mustahil untuk mencapai tujuan.

Baca Juga:

2. Uang (Money)

Untuk menjalakan segala kegiatan organisasi dibutuhkan adanya ketersediaan uang (modal). Uang dapat digunakan untuk membeli peralatan, membeli bahan baku, membayar pegawai (tenaga kerja) dan lain sebagainya. Agar tujuan organisasi dapat terlaksana maka sangat diperlukan manajemen keuangan. Hambatan atau kegagalan proses manajemen sering sekali dipengaruhi oleh perhitungan dalam penggunaan sumber daya modal (uang)

3. Barang-Barang (Materials)

Barang-barang materials adalah unsur manajemen untuk mencapai sebuah tujuan perusahaan/organisasi. Material digunakan sebagai bahan dasar dalam proses produksi. Misalnya, perusahaan ban memerlukan bahan-bahan seperti biji karet untuk dapat memproduksi ban.

4. Mesin (Machines)

Mesin digunakan untuk proses pelaksanaan kegiatan, tujuannya untuk memproses bahan baku sehingga menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi yang siap jual dan siap pakai.

5. Metode (Methodes)

Metode adalah cara yang digunakan dalam pekerjaan. Untuk mendapatkan hasil yang efektif dan efisien maka diperlukan metode alternatif, oleh karena itu didalam unsur metode diperlukan nilai-nilai kreatif.

6. Pasar (Market)

Pasar adalah tempat menjual produk atau jasa yang telah diproduksi. Bagi badan usaha yang bergerak dibidang industri yang orientasinya adalah keuntungan maka pasar adalah unsur manajemen yang paling penting. Tanda adanya pasar untuk media mempromosikan, memasarkan dan menjual maka tujuan dari organisasi tidak dapat tercapai.

Naah demikian pembahasan mengenai unsur-unsur manajemen yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *